Menu

Banner Juli 2017

United Colours of Summer

Photo: Francisco de Almeida Dias Photo: Francisco de Almeida Dias Interior Design: Ana Cordeiro

 Pantai selalu menyiratkan suasana berlibur. Desiran ombak, semilir angin, pasir putih, hingga biru laut, kerap mengalirkan rasa tenang dan keceriaan pada saat yang bersamaan. Ketika Ana Cordeiro diminta untuk merancang sebuah rumah pantai di Portugal bagian barat, imajinasinya pun langsung mengarah kepada lingkungan di sekitarnya, sebuah pedesaan kecil bernama Azenhas do Mar, di pinggir pantai kota Sintra. Vila ini adalah milik keluarga dengan sepasang remaja putra dan putri. Sesuai dengan keinginan pemilik rumah, mereka menginginkan interior dengan palet warna putih bersih. Namun seperti proyek-proyek Ana pada umumnya, pendiri firma desain Prego Sem Estopa ini memadankannya dengan warna-warna cerah yang diaplikasikan pada beberapa furnitur dan aksesori. 

Dalam memilih warna, Ana tidak terlalu berlebihan, ia hanya menggunakan warna-warna cerah, seperti biru, kuning, dan oranye yang biasa digunakan di pesisir pantai. Misalnya saja pada ruang keluarga. Dinding wallpaper berwarna putih biru terlihat cantik dengan kombinasi warna putih pada sofa, tirai, dan lantai. Untuk semakin menghidupkan suasana, Ana menambah beberapa aksesori penunjang berupa lampu meja, bantal, dan karpet berwarna cerah. Trik permainan warna dan corak seperti ini juga terlihat pada beberapa ruang lainnya, seperti ruang kerja dan kamar tidur anak. Sementara ruang kerja dan kamar tidur utama sengaja dibiarkan sedikit netral, guna menyeimbangkan irama. Tak ayal suasana ceria dan santai timbul seketika. Membuat rumah ini terlihat menyenangkan dan segar, jauh dari kesan dingin yang biasa mendominasi hunian berwarna putih.   

Selain bermain dengan warna, Anda juga kerap menggunakan material kayu pada beberapa elemen ruang. Dirinya membungkus sebagian dinding ruang dengan palet kayu berwarna putih hingga kesan rumah pantai semakin terasa. Selain dinding, unsur kayu juga menjadi material utama untuk lantai di seluruh vila. Seluruh lantai pada ruangan menggunakan kayu dengan finishing berwarna putih. Sedangkan untuk lantai kamar mandi, Ana memutuskan menggunakan ubin berbahan dasar semen dengan motif geometris berwarna biru dan putih yang dibuat secara tradisional di Alentejo, Portugal selatan. Ana sebisa mungkin menggunakan material yang mudah dalam perawatan, mengingat akan ada butiran pasir bertebaran setelah keluarga ini kembali bermain dari pantai. 

Hampir seluruh perabot yang digunakan pada interior rumah ini juga merupakan bagian dari koleksi produksi dan kreasi Ana dengan ciri khas tersendiri. Dirinya menjelaskan, bahwa semua karpet menggunakan bahan 100% wol yang diproduksi sesuai keinginan keluarga pemilik rumah. Sementara segala detail desain interiornya ditentukan oleh studio desain milik Ana. 

Master Suite

Master Suite Walau menggunakan palet warna yang lebih netral, Ana juga membubuhkan beberapa warna cerah pada beberapa produk sebagai aksen ruang. 

Detail Ana merancang seluruh produk dalam ruangan ini.

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top