Menu

Banner Oktober 2016

Perfect Angle

Photo: Alain Brugier Photo: Alain Brugier Architect: Diego Revollo

Dibangun di Alto da Lapa, di Sao Paulo, Brazil, apartemen 360⁰ dimiliki oleh salah seorang pengacara. Ia meminta Diego Revollo untuk membangun dan mendesain rumahnya menjadi tempat tinggal bagi keluarganya. Transformasi terbesar diutamakan pada area dapur. Area ini diselimuti dengan porselen Italia, yang tidak hanya menutupi lantai namun terus hingga ke dinding dan langit-langit. Ubin-ubin ini merupakan bagian dari koleksi Ceramiche Refin, sebuah manufaktur porselen di Italia yang mulai berdiri sejak tahun 1962. Pada apartemen seluas 130 m² ini, klien menginginkan perombakan besar-besaran, ia ingin sesuatu yang berbeda dan abadi. Diego ingin elemen-elemen yang digunakan memiliki kualitas tinggi dan orisinal. Di sinilah ubin-ubin koleksi Ceramiche Refin tersebut memainkan perannya.

Sebagian dari dapur sengaja dibiarkan terbuka hingga ke area utama, sehingga ubin-ubin yang terpasang di ruangan tersebut semakin terekspos bebas. Porselen-porselen ini adalah ubin bergaya Modern dengan tampilan yang juga terinspirasi dari gaya Klasik. Mereka memiliki pola acak dengan detail garis-garis geometri, menyuntikkan karakter ke dalam dapur dan menjadikannya lebih hidup. 

Sebagai pembatas, Diego merancang lemari gantung kaca di atas meja dapur. Selain menjadi tempat display, material kaca yang digunakan membuat ruangan terasa lebih ringan dan tidak sesak. 

Untuk menyelaraskan tema dan material yang sudah ada, Diego menggunakan palet netral berupa abu-abu lembut, seperti pada pajangan pahatan dan karya seni dengan elemen transparan yang digunakan sebagai aksesori. Seluruh desain ini berdiri pada sebuah latar belakang dapur berlapis ubin sebesar 360⁰, dari lantai hingga langit-langit.

Diego mengombinasikan gaya Brazil dengan sedikit pengaruh desain Eropa. Beberapa panel kayu walnut dari Amerika dipadukan dengan kayu Cumaru, kayu asal Brazil. Elemen-elemen kayu menyempurnakan tema yang dibangun pada hunian ini. Lantai dan panel dinding penyekat antar ruang banyak menggunakan panel parket. Selain itu, beberapa mebel bertema kayu juga menghiasi sebagian isi rumah. Elemen alam ini banyak terlihat pada ruang makan, hampir seluruh ruang diselimuti dengan kayu, hingga terlihat lebih berkarakter. 

Pada sisi luar ruang duduk terdapat balkon yang berguna sebagai tambahan ruang duduk. Keberadaan balkon tersebut tidak mengubah bentuk bangunan sama sekali dari tampak luar. Ubin serupa yang digunakan pada dapur juga diaplikasikan untuk lantai balkon. Ubin-ubin proselen yang ada dalam hunian ini memberikan kesan kontemporer pada desainnya, terutama pada area dapur yang memang menjadi poin utama pada ketertarikan dan desain interior rumah ini. Diego Revollo bekerja sama dengan label keramik ini dalam merancang hunian ini.

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top