Menu

Tropical Punch

Photo: Merwin Adenan Photo: Merwin Adenan Interior Design: Endramukti Design

Salah satu yang selalu menjadi ciri khas Endramukti Design dalam karyanya adalah tampilan gaya interior Modern Tropis. Dengan iklim seperti Indonesia, rumah ala Modern Tropis memang selalu cocok untuk diaplikasikan pada interior. Ruang-ruang terbuka dengan plafon tinggi membuat peredaran dan sirkulasi udara di dalam rumah terjalin dengan baik. Biasanya kami melihat karya Endramukti Design pada rumah, namun kali ini karya firma desain asal Surabaya ini ialah sebuah apartemen dengan garis desain serupa seperti ciri khas Hidajat Endramukti pada umumnya. Model rumah mengusung tropis selain menciptakan suasana nyaman, asri, dan sejuk, juga memberikan pandangan yang menyehatkan dan menyegarkan secara visual.

Siasat yang dapat dilakukan untuk membuat ruang terlihat lebar dalam sebuah apartemen adalah dengan membuat tampilan terbuka pada tiap ruang. Palet warna cokelat dan putih sederhana kerap menjadi kanvas untuk interior bergaya Modern dan terasa hangat. Beruntungnya apartemen ini berada di sudut gedung, sehingga mendapat jendela dan pemandangan dari kedua sisi dan membuat ruangan terasa lapang. Hidajat Endrakmukti yang berperan sebagai kepala desainer memanfaatkan area ini sebagai ruang duduk. Dirinya tidak sungkan menggunakan sofa besa berbentuk L yang terletak di sudut ruang menghadap ke jendela terbuka besar. Dinding kayu dan sofa putih bersih menjadikan ruangan terasa hangat sekaligus cerah pada saat yang bersamaan. Beberapa warna cerah tampak menghiasi ruangan terbatas ini. Warna-warna tersebut ditampilkan pada karya seni di dinding, cushion, dan aksesori di meja.

Tepat di seberangnya terdapat ruang makan. Tanpa pembatas, area ini dilengkapi dengan meja makan dan empat kursi. Untuk menyesuaikan lahan yang terbatas, ruang makan ini ditata menggunakan gaya Modern dan tone warna netral. Ruangan pun terasa lebih luas dan terang. Desain yang serupa juga terlihat pada dapur yang terletak di sebelahnya. Penggunaan warna monokrom pada kabinet dapur memberi daya tarik yang cukup signifikan hingga ruangan tidak terlampau monoton. Sama seperti mayoritas ruang lainnya di hunian ini, ruang makan juga disuguhkan pemandangan luar melalui jendela besar yang berada di sampingnya.

Walau berukuran terbatas, namun bukan berarti sebuah hunian tidak dapat tampil cantik seperti rumah berukuran besar. Contohnya pada kamar tidur. Dengan gaya Modern, tim Endramukti Design tetap menampilkan faktor wow pada beberapa sisi. Salah satu yang terlihat jelas ialah headboard berbalut kain yang menjulang tinggi di kamar tidur utama. Kamar tidur dengan gaya seperti ini memancarkan penampilan unik dan menciptakan rasa nyaman. Hidajat Endramukti kerap bercerita bahwa dirinya gemar merancang interior dengan cukup detail hingga ke bagian aksesorinya. Itu sebabnya banyak terdapat elemen dekorasi di tiap proyek karyanya. Misalnya artwork berupa lukisan atau potret yang digantung di tiap ruang, termasuk kamar tidur. Karya-karya seni yang terpajang dalam figura-figura minimalis tersebut memberikan kehidupan ke dalam ruang serta membangkitkan karakter yang menarik bagi tiap sudutnya.

Tidak semua lahan cukup luas untuk dijadikan rumah bergaya Modern Tropis, namun cara yang paling tepat untuk menyiasatinya adalah dengan membuat bukaan besar pada jendela dan pintu. Hal ini dilakukan jelas pada apartemen kreasi Endramukti Design. Walau dengan ukuran terbatas, penempatan ruangan terbuka tanpa penyekat memberi kesan luas dan cukup menghidupkan konsep Modern Tropis. Cara ini juga bertujuan untuk membuat sirkulasi udara menjadi optimal. Kemudian jika Anda ingin memperkuat kesan Modern Tropis lebih otentik, Anda dapat menambahkan perabot seperti kipas angin pada langit-langit salah satu ruang.

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top