Menu

Banner Oktober 2016

Naning Adiwoso

Desainer Interior

Selain mendirikan firma desain Asri Desindo Intiwidya (ADI), Naning Adiwoso juga turut aktif dalam beberapa aktivitas desain, salah satunya sebagai Chairperson Green Building Council Indonesia. Perempuan yang pernah mengenyam pendidikan di International Institute of Interior Design, Washington, DC dan Environmental Design, New York, AS, ini bertutur bagaimana menjadi seorang perancang untuk generasi masa datang dan humanizing design.

Mengapa environmental psychology dan environmental design menjadi sangat penting?

Kita melihat perubahan terjadi begitu cepat. Tahun 1990 orang berubah dari manual ke digital. Secara psikologis kondisi ini memengaruhi cara manusia bekerja. Salah satunya terlihat pada industri desain yang awalnya menggambar menggunakan meja gambar, kini beralih komputer. Era yang serba daring membuat terciptanya netizen (citizen of the net). Kondisi ini memengaruhi perubahan desain, multi generation workshop place. Sementara environmental design mulai menjadi pemikiran yang cukup serius, setelah banyaknya negara yang membicarakan perubahan iklim di tahun 1994. Indonesia baru membahas hal ini pada akhir 2010. Artinya, kita harus mengikuti segala bentuk perubahan dan bukan hanya desain. 

Melihat perkembangan desain saat ini apakah sudah mendekati humanizing design?

Banyak desain yang kurang memikirkan secara keseluruhan. Terdapat 28 juta orang kaum difabel di Indonesia. Menurut peraturan kita harus memikirkan dan menyikapinya. Namun sayang sekali hal ini sering tidak terpikirkan. Desain boleh mewah, tapi tetap harus ada sisi humanisnya; ergonomis.  

Untuk selengkapnya silakan baca majalah Style&Decor edisi Mei 2016.

Read more...

Hendra Hadiprana

Arsitek/Desainer Interior

Namanya sudah mengisi sejarah dunia arsitek dan interior Indonesia. Oom Henk – panggilan akrabnya – adalah seorang desainer senior yang pernah mendesain gedung-gedung Bank Niaga di Indonesia dan di Hongkong. Perancang yang lahir di tahun 1929 dan mendirikan Galeri Hadiprana pada tahun 1962 ini bercerita bagaimana tentang dunia arsitek dan interior di Indonesia terkini.

Bagaimana perkembangan desain arsitektur dan interior di Indonesia sekarang?

Perkembangan desain di Indonesia maju terus. Berbeda dengan ketika Oom baru pulang dari sekolah di Eropa dulu. Kini banyak arsitek-arsitek baru dengan aneka warna yang lebih maju.

Hadiprana mengusung  desain unik, eklektik, dan Kontemporer. Bagaimana desain arsitek saat ini?

Setiap arsitek pasti mendesain dengan cara dan langgamnya dia. Terkadang ada gaya Indonesia, Kontemporer, atau gaya apa saja. Semua adalah bagus menurut saya. Unsur Indonesia tidak perlu dipaksakan ada dalam setiap desain. Bagaimanapun jika desainer berasal dari Indonesia pasti akan melahirkan unsur Indonesia meski tidak terlalu nyata. Meskipun Anda sekolah atau bahkan tinggal lama di luar negeri, rasa dan kaya Indonesia pasti akan terlihat dalam setiap desain. 

Seringkali desainer menghasilkan karya fenomenal. Bagaimana menurut Anda?

Terkadang beberapa arsitek mendesain ingin “lain dari yang lain”. Tapi sayangnya justru membuat terjebak dalam desainnya sendiri. Keinginan “lain dari yang lain” justru sering membuat tidak benar dalam desain. Mau-maunya dia sendiri. Akibatnya membuat biaya perawatan gedungnya jadi mahal. Tidak jarang terlihat bocor.

Untuk selengkapnya silakan baca majalah Style&Decor edisi Mei 2016.

Read more...
Subscribe to this RSS feed