Menu

Hendra Hadiprana

Hendra Hadiprana Foto Hans Havilah Song

Arsitek/Desainer Interior

Namanya sudah mengisi sejarah dunia arsitek dan interior Indonesia. Oom Henk – panggilan akrabnya – adalah seorang desainer senior yang pernah mendesain gedung-gedung Bank Niaga di Indonesia dan di Hongkong. Perancang yang lahir di tahun 1929 dan mendirikan Galeri Hadiprana pada tahun 1962 ini bercerita bagaimana tentang dunia arsitek dan interior di Indonesia terkini.

Bagaimana perkembangan desain arsitektur dan interior di Indonesia sekarang?

Perkembangan desain di Indonesia maju terus. Berbeda dengan ketika Oom baru pulang dari sekolah di Eropa dulu. Kini banyak arsitek-arsitek baru dengan aneka warna yang lebih maju.

Hadiprana mengusung  desain unik, eklektik, dan Kontemporer. Bagaimana desain arsitek saat ini?

Setiap arsitek pasti mendesain dengan cara dan langgamnya dia. Terkadang ada gaya Indonesia, Kontemporer, atau gaya apa saja. Semua adalah bagus menurut saya. Unsur Indonesia tidak perlu dipaksakan ada dalam setiap desain. Bagaimanapun jika desainer berasal dari Indonesia pasti akan melahirkan unsur Indonesia meski tidak terlalu nyata. Meskipun Anda sekolah atau bahkan tinggal lama di luar negeri, rasa dan kaya Indonesia pasti akan terlihat dalam setiap desain. 

Seringkali desainer menghasilkan karya fenomenal. Bagaimana menurut Anda?

Terkadang beberapa arsitek mendesain ingin “lain dari yang lain”. Tapi sayangnya justru membuat terjebak dalam desainnya sendiri. Keinginan “lain dari yang lain” justru sering membuat tidak benar dalam desain. Mau-maunya dia sendiri. Akibatnya membuat biaya perawatan gedungnya jadi mahal. Tidak jarang terlihat bocor.

Untuk selengkapnya silakan baca majalah Style&Decor edisi Mei 2016.

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top